Wajib Perhatikan 5 Hal Ini Saat Pasang Instalasi Via Tukang Listrik

Senin, 26 Maret 2018

Wajib Perhatikan 5 Hal Ini Saat Pasang Instalasi Via Tukang Listrik



Wajib Perhatikan 5 Hal Ini Saat Pasang Instalasi Via Tukang Listrik

Listrik pada era modern ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Banyaknya kegiatan yang didukung oleh peralatan elektronik menjadi salah satu penyebabnya. Utamanya, penerangan saat malam hari atau ketika gelap juga membutuhkan lisrik. Tukang listrik adalah pihak jasa yang sangat dibutuhkan.
Selain menangani kerusakan jaringan listrik, pemasangan instalasi listrik untuk rumah, kantor, atau gedung juga membutuhkan tukang yang handal. Pemasangan instalasi listrik ini merupakan tahap yang penting dan harus dipersiapkan dengan cermat. Karenanya, Anda wajib memperhatikan beberapa hal ini ketika hendak memasang listrik.

1.    Stop Kontak
Dalam hal pemenuhan kebutuhan listrik, Anda harus mempersiapkan semua komponen yang dibutuhkan. Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah stop kontak. Setelah membeli komponen tersebut sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, maka selanjutnya adalah memperhatikan jarak pemasangannya dengan lantai dasar. Jarak yang ideal yaitu 1-2 meter.
Setelah mengukur jarak pemasangan stop kontak dengan lantai tersebut, maka pastikan beban yang ditanggung oleh setiap stop kontak. Jangan sampai ada beban berlebih yang harus ditanggung oleh stop kontak. Jika terjadi beban berlebih, maka sistem kerja listrik dapat terganggu. Idealnya, satu stop kontak dapat dicabang dengan satu steker hingga 4 cabang.

2.    Kabel
Kabel merupakan komponen selanjutnya yang harus dipersiapkan karena sangat penting untuk menghubungkan antar peralatan listrik. Jenis kabel yang digunakan harus disesuaikan dengan fungsinya. Perhatikan kebutuhan kabel dan sesuikan dengan jenis kabel yang akan dibeli. Jenis kabel juga harus disesuaikan dengan daya listrik yang dihantarkan.
Kualitas kabel yang digunakan juga harus baik demi keamanan aliran listrik. Jangan sampai Anda teledor dalam memilih kabel. Perhatikan bahwa seluruh bagian kabel masih terlapisi oleh PVC agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan berupa tersengat aliran listrik.

3.    Grounding
Aspek ketiga yang harus diperhatikan adalah grounding ataupun arde yang ada pada instalasi listrik. Fungsi grounding ini adalah untuk mencegah terjadinya kontak antara tegangan listrik dengan makhluk hidup akibat kegagalan isolasi. Grounding yang terdapat dalam sebuah bangunan ada dua macam, yaitu untuk instalasi listrik dan instalasi penangkal petir.
Penentuan pemasangan grounding ini bisa dipetakan oleh pihak tukanglistrik yang handal. Anda bisa memilih pihak jasa yang sudah berpengalaman untuk melakukan pemasangan instalasi listrik yang lengkap, termasuk dalam hal grounding ini.

4.    Hujan dan Kebocoran
Saat musim hujan yang sangat lebat dan terjadi kebocoran di rumah atau bangunan, maka jangan memasang instalasi listrik. Hal ini akan sangat berbahaya untuk dilakukan. Proses pemasangan akan terganggu karena adanya kekhawatiran terjadi hubungan pendek arus listrik yang diakibatkan oleh adanya air sebagai penghantar listrik yang kuat.

5.    Pemeriksaan Periodik
Pemasangan instalasi listrik di suatu bangunan tentu harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Proses pemasangan ini akan lancar jika dilakukan oleh pihak tukang yang terpercaya dan sudah ahli dalam bidang kelistrikan.
Pemeriksaan periodik terhadap beberapa komponen yang sudah terhubung dengan jaringan listrik akan dilakukan demi keamanan dan kelancaran proses pemasangan komponen berikutnya. Hal ini termasuk ketelitian yang dibutuhkan dalam pemasangan instalasi listrik.
Pemasangan instalasi listrik yang melalui berbagai persiapan tersebut harus diupayakan demi kelancaran dan keamanan. Tukang listrik profesional dapat Anda sewa untuk mengoptimalkan pemasangan jaringan listrik di rumah, kantor, atau gedung, demi proses yang cepat dan aman untuk mendukung pemenuhan kebutuhan akan jaringan listrik.

0 komentar :

Posting Komentar