Makam Berusia 4.400 Tahun Ditemukan di Giza

Jumat, 09 Februari 2018

Makam Berusia 4.400 Tahun Ditemukan di Giza


Makam Berusia 4.400 Tahun Ditemukan di Giza

Para arkeolog Mesir yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mostafa Waziri baru saja mengumukan penemuan sebuah makam berusia 4.400 tahun di dekat pemakaman barat Giza, sekitar 20 kilometer dari Kairo.

Menurut menteri Khaled al-Enany, makam tersebut milik Hetpet, seorang pendeta wanita yang melayani dewi kesuburan, musik, dan tarian Hathor.

Al-Enany juga berkata bahwa makam tersebut berasal dari Dinasti Kelima Mesir yang berlangsung dari 2465 SM hingga 2323 SM. Pada masa tersebut, Mesir berjaya di bawah pimpinan Firaun, dan berbagai piramida serta istana dibangun.

Di dalam makam tersebut, para arkeolog menemukan nama Hetpet, berbagai gelarnya, lukisan dan artefak-artefak penting, termasuk sebuah baskom persucian.

Berbicara kepada Agence France-Presse, Waziri mengatakan, makam berada pada kondisi yang sangat baik. Ada gambaran berwarna mengenai pemandangan-pemandangan tradisional: hewan merumput, memancing, menangkap burung, persembahan, pengorbanan, tentara, dan mengumpulkan buah-buahan.

Namun, yang paling menarik bagi tim arkeolog adalah gambaran musik dan tarian yang menghiasi makam Hetpet. Salah satunya bahkan menunjukkan dua monyet yang sedang makan buah sambil menari di depan orkestra.

“Pemandangan tersebut sangat langka... dan hanya pernah ditemukan sekali di makam Ka-Iber. Sebuah lukisan di sana menunjukkan seekor monyet menari di depan pemain gitar, bukan orkestra, ujar Waziri.

Menteri El-Enany kemudian berkata bahwa penggalian akan dilanjutkan untuk menemukan lebih banyak hal menarik lainnya. ”Kita akan terus menggali di area ini dan aku yakin kita akan segera menemukan sesuatu,” ujarnya.

Dia pun optimis bahwa temuan-temuan baru ini akan membantu mengembalikan industri turisme Mesir yang menurun drastis sejak Presiden Hosni Mubarak digulingkan pada 2011.

0 komentar :

Posting Komentar