Kamera dengan Sidik Jari Sudah Dipatenkan Oleh Canon

Jumat, 09 Februari 2018

Kamera dengan Sidik Jari Sudah Dipatenkan Oleh Canon


Kamera dengan Sidik Jari Sudah Dipatenkan Oleh Canon

Lantaran berharga relatif mahal, kamera digital dan lensanya kerap menjadi incaran para pelaku kejahatan. Mungkin karena itulah Canon terpikir untuk membuat produk kamera dan lensa yang diamankan dengan pemindai sidik jari layaknya ponsel.

Keberadaan kamera dan lensa yang masih berupa konsep tersebut diketahui lewat sebuah paten Canon yang dipublikasikan bulan ini di Amerika Serikat.

Ilustrasi kamera serupa DSLR dalam paten menggambarkan unit kamera berikut lensa yang dipasangi fingerprint scanner di permukaan tubuh masing-masing. Posisinya di handgrip untuk kamera dan di dekat mounting (sambungan ke badan kamera) untuk lensa.

Seperti pada smartphone modern, pemindai sidik jari di kamera Canon disebutkan bisa mengunci kamera agar tidak bisa digunakan oleh orang lain yang tak dikehendaki. Data sidik jari yang disimpan bisa berasal dari beberapa orang, misalnya sesama anggota keluarga pemilik kamera.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, fingerprint scanner di kamera Canon ini punya fungsi lebih dari sekadar pengaman.

Pemindaian sidik jari disebutkan akan turut memuat preset konfigurasi kamera yang disimpan oleh pengguna bersangkutan, misalnya settingwhite balance, ISO, atau autofokus.

Cara kerja persisnya masih tak diketahui karena perangkat yang bersangkutan memang sejauh ini baru berupa paten. Belum jelas kapan sang kamera dan lensa dengan fingerprint scanner akan terwujud dalam bentuk produk jadi, kalaupun Canon benar-benar berniat membuatnya.

0 komentar :

Posting Komentar